Thursday, December 18, 2008

RAHASIA PARA GURU

Pernah mendapat nilai ulangan, uts, uas jelek bin ancuuuur. Tapi pas di raport tiba-tiba aja nilainya berubah 180 derajat (buka 360 derajat karena pasti balik lagi ke semula). Kok bisa padahal dah panas dingin, kebayang omelan ortu. Nah guru punya rahasianya, ya pasti dibantuin

Pekerjaan ini bukanlah pekerjaan mudah, orang yang pertama kali wajib membantu adalah wali kelasnya, bayangkan dia harus melobby ke semua guru untuk anak-anaknya yang nilainya kuurang. kalo ada 1 pelajaran yang jelek gak terlalu masalah tapi kalo 5 pelajaran trus berapa anak, bayangin coba. Padahal wali kelas pekerjaan dah segudang dari ngolah nilai, ngisi raport yang msing-masing harus berbeda, belum ikut nyiapin penjelasan ke orang tua tentang nilai anaknya.

Yang jadi masalah bwt wali kelas adalah kalo anak yang dibantu itu punya masalah dengan guru bidang studinya, suuuuuusah banget ngelobby bwt anak tersebut. Guru juga manusia, kadang-kadang rasa sakit hati juga muncul walaupun dari muridnya. Naah gak jarang wali kelas harus bersitegang (marahan sama guru itu, pengalamannya begitu sampe gak ngomong lebih dari satu minggu). kalo gurunya dah setuju ngebantuin sekarang gimana caranya:
1. Ngasih remedial (harapannya nilainya lebih baik)
2. Kalo cara 1 gak berhasil: kasih tugas tambahan, dengan tugas, guru akan kasih nilai cukup lumayan
3. kalo cara 2 digagalin sama siswa (ngegagalinnya dengan cara tugasnya asal-asalan, terlambat ngasih, gak sesuai perintah, atau siswanya gak ngehadap guru, dll) maka gurunya pasti tambah pusing. maka caranya ditelpon orangtuanya sama wali kelasnya biar tuh anak sadaar dikit.
4. ketiga cara tersebut gagal juga, maka guru akan tambah pusiiing lagi, maka cara pamungkas apakah itu? yaitu dengan tiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit (soory gak ada yang boleh tahu, tingkat rahasinya tinggi; level 99999999999999

Bantuan guru bwt siswa ada syaratnya yaitu anaknya harus baik, ciri-ciri anak yang baik versi beberapa guru (tak termasuk yang nulis ini, soalnya dia punya kriteria sendiri)
1. Kalo guru ngejelasin dia ikut memperhatikan
2. tugas-tugasnya lengkap
3. Gak pernah ngejelekin tuh guru apalagi sampe ketawan ngomongin yang jelek (siap-siap aja)
4. Rajin bertanya yang ada kaitannya sama pelajarannya
5. Gak sering bolos atau telat pas pelajarannya
6. Tak terlalu sering ngobrol di kelas (ngbrol boleh aja tapi jangan pas gurunya lagi ngomong)
7. Kalo pas ketemu ngasih salam, dah kewajiban siswa kali untuk bersikap hormat sama guru (kesepakatan internasional yang tak tercatat)
8. gak ada masalah kalo anaknya tak pandai di kelas (guru tak pernah ngebedain siswa dari tingkat kecerdasannya kalo ngebantuin)
9. dlllllllll

Kriteria siswa yang sering susah dibantu sama guru
1. Paling sering gak memperhatikan guru pas dijelasin
2. gak pernah nanya padahal guru juga dah bisa baca mukanya kalo dia gak ngerti pelajaran
3. Sering ngomongin guru yang jelek-jelek, apalagi sampe diposting ke blognya (asal tahu aja, walaupun gak diposting, guru masih bisa tahu siapa saja yang suka ngomongin yang jelek tentang guru)
4. gak pernah ngerjain pr nya
5.gak mo nurut kalo di suruh maju alias gak mau ke depan( catatan, guru paling suka melihat anak yang berusaha gigih walaupun dia tahu gak bisa, anak ini pasti sering dipuji sama gurunya di rapat2 guru)
6. dll masih banyak yang lain

Pada dasarnya guru gak pernah mau membuat anaknya hancuur masa depannya, pasti guru tersebut sebisa mungkin ngebantuin anak-anaknya, tetapi yang sering terjadi adalah anaknya yang membuat guru sulit memberikan bantuan.

CATATAN :Posting ini akan berlanjut lho

No comments: